Wednesday, February 6, 2019

KJA: UMKM membantu UMKM

Kantor Jasa Akuntan singkatnya KJA sebagian besar merupakan usaha kecil menengah KJA bergerak di bidang jasa konsultasi akuntansi dan manajemen. Bagian terbesar target bantuan ialah pada usaha mikro kecil menengah atau UMKM.
Jadi bagaimana hubungan KJA dengan UMKM lainnya?
Pemerintah menyadari UMKM masih kesulitan banyak hal utamanya disebabkan kurangnya sistem pembukuaan yang sederhana yang cocok dengan UMKM. Maka diluncurkan Kantor Jasa Akuntan yang ramah terhadap UMKM. 
Sebelumnya ada Kantor Akuntan Publik (KAP) yang bergerak nyaris sama dengan KJA. Bedanya KAP diarahkan pada audit laporan keuangan untuk publik. KAP sudah terbiasa dengan jasa tarip tinggi. Sebaliknya KJA tidak memberikan jasa auditing untuk tujuan publik dan bergerak pada level biaya rendah.
Produk-produk KJA diantaranya : menyusun sistem akuntansi, menyusun laporan keuangan, pengawasan interen (SPI), konsultasi manajemen dan produk-produk khusus seperti perhitungan investasi.
Jadi ....
Jangan salah sangka KJA sama dengan KAP.  UMKM harus maju dan menaikkan level diri dari mikro ke kecil. Dari kecil ke menengah dari menengah ke besar. Caranya dengan tertib data keuangan sehingga strategi menjadi matang dan akurat.
Kurang jelas mari diskusi. Akses ke plazaakuntansi.com. Panggil kami, ajak diskusi.
 

No comments:

Post a Comment