Tuesday, February 22, 2011

STRUKTUR ORGANISASI BARU

Selama ini struktur organisasi digambarkan dari atas ke bawah dan digambarkan dengan dua dimensi. ada ide, ni,  agar struktur organisasi terutama untuk lembaga-lembaga tertentu semisal yayasan, ormas LSM menggunakan struktur ini. bagaimana bentuknya?
Struktur antara pusat , wilayah, cabang dan anak cabang adalah mendatar. Mereka memiliki tugas dan wewenang yang sama. Hubungan antara mereka dikaitkan dengan  dampaknya saja. bila dampak dari tindakan atau kegiatan atau kebijakan berlevel nasional maka harus dikoordinasai oleh pusat. Bila dampak dari tindakan, kegiatan atau kebijakan berlevel propinsi maka dikordinir oleh wilayah. dan selanjutnya seterusnya. Gambar struktur seperti payung yang dimekarkan, datar artinya berdimensi 3. Bila dilihat dari atas merupakan gambar bulatan-bulatan yang mengelilingi bulatan lain. ditengah-tengah adalah pusat dikelilingi oleh wilayah-wilayah. Bulatan-bulatan tersebut adalah bola-bola yang merupakan sistem tersendiri.
Paham nggak ide saya. kalau belum kirimi komentar.
LANGLANG

3 comments:

  1. ada baiknya ide yang bapak tuangkan dalam blog ini dapat di ilustrasikan dalam bentuk "flow chart" atau diagram alir stuktur organisasi,sehingga kita sebagai pembaca umum dapat memahami dengan baik apa yang bapak maksud.

    veronika20012

    ReplyDelete
  2. keunggulan bagan yang bapak ilustrasikan itu apa dibanding dengan bagan2 yang sudah ada sebelumnya?
    kira2 penerapannya nanti bisa efektif & efisien tidak?
    20527.

    ReplyDelete